Pengertian Sistem Ekonomi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sistem adalah seperangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Dengan demikian, sistem merupakan kumpulan unsure-unsur yang lebih kecil yang dinamakan sub system. Begitu pula sistem ekonomi, merupakan kumpulan dari sub sistem-sub sistem atau unit-unit ekonomi yang lebih kecil. Komponen-komponen yang membentuk system ekonomi adalah lembaga ekonomi yang ada di masyarakat.

Jadi, apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi? Sistem ekonomi dapat diartikan sebagai suatu perangkat dari kebiasaan, hukum-hukum, aturan-aturan dan pengaturan yang berhubungan dengan produksi, pertukaran dan konsumsi barang dan jasa. Sistem ekonomi bisa juga berarti keseluruhan lembaga ekonomi yang digunakan suatu Negara, masyarakat atau bangsa dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam arti yang lebih sederhana, sistem ekonomi berarti cara suatu masyarakat mengatur kehidupan perekonomiannya.


Dari beberapa pengertian di atas, jelaslah bahwa sistem ekonomi yang dianut tiaptiap Negara akan berbeda-beda. Pemilihan suatu sistem ekonomi oleh suatu negara akan dipengaruhi nilai sosial atau falsafah yang dianut masyarakat atau negara yang bersangkutan. Contohnya: Amerika Serikat yang menganut faham liberal, maka Negara ini pula sistem ekonominya liberal (kapitalis). Indonesia yang menganut falsafah Pancasila, maka sistem ekonominya dinamakan sistem ekonomi demokrasi Pancasila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar