TINDAKAN SOSIAL


Manusia sebagai makhluk individu sekaligus sebagai makhluk sosial senantiasa melakukan hubungan dengan manusia lain menurut kesanggupannya masing-masing. Hubungan sosial yang bersifat
timbal balik biasanya dikenal dengan istilahinteraksi sosial. Syarat terjadinya interaksi sosial adalah adanya kontak dan komunikasi sedangkan inti dari kontak sosial adalah tindakan sosial. Tindakan sosial dapat di kaji dalam tiga tingkatan sesuai dengan kajian ilmu sosial yaitu tingkat mikro, mengkaji sistem kepribadian individu.

Tingkat messo, mengkaji sistem sosial yaitu proses sosial di berbagai tempat misalnya di keluarga, dilingkungan tetangga, lingkungan teman sepermainan, group atau kelompok sosial, kelembagaan baik lembaga pemerintah maupun lembaga non pemerintah, organisasi sosial, komunitas, masyarakat, bangsa dan organisasi internasional; tingkat makro, mengkaji struktur sosial atau sistem budaya.

Setiap tindakan sosial, selalu bermuatan unsur-unsur ketiga sistem tersebut (sistem kepribadian, sistem sosial, dan sistem budaya). Karena sistem sosial tidak akan ada apabila tidak ada sistem kepribadian, sistem budaya tidak akan ada, apabila tidak adanya sistem sosial, demikian juga sistem kepribadian tidak akan ada, apabila tanpa sistem sosial dan sistem budaya. Tindakan sosial merupakan bagian dari perilaku sosial, yakni perilaku yang terjadi di dalam situasi sosial berkaitan dengan bagaimana orang berpikir, merasa dan bertindak karena kehadiran orang lain. Karena itu tindakan sosial dipengaruhi oleh pikiran dan perasaan atau emosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar